Gunadarma University

Sunday, April 24, 2016

Masakan Favorite

Cerita dibalik Masakan Favorite dari Makassar




          Hallo semua! Saat ini saya akan bercerita mengenai masakan favorite saya yang tentunya dibuat oleh mama saya sendiri hmmmm :9. Dari judulnya saja sudah diketahui bahwa masakan ini berasal dari kota Makassar, tapi apa sih nama masakannya? Masakan dari Makassar kan banyak~ yak betul! Masakan dari Makassar ini banyak khas nya nah yg paling saya sukai yaitu “Coto Makassar”. Masakan ini menjadi favorite saya sepanjang masa hihi, tapi sayangnya mama saya tidak sering membuat nya untuk dimakan sehari-hari. Masakan ini dibuat pada saat keluarga saya merayakan hari-hari besar seperti idul fitri dan idul adha, nah masakan ini menjadi menu utama tentunya untuk keluarga saya. Coto Makassar buatan mama saya biasanya dimakan dengan ketupat lalu juga dengan sambel tauco yg ciamik rasanya *ngebayangin*. Kalo pada saat hari-hari besar tidak ada masakan ini sepertinya terasa ada yang kurang. Kalian semua udh tau apa sih bahan-bahan-bahan dari pembuatan coto Makassar ini? Bagaimana cara membuatnya? Nah saya akan membahas itu semua disini, stay tuneJ

Bahan-bahan pembuatan Coto Makassar:
  • 5 butir bawang merah  yang sudah dihaluskan
  • 3 siung bawang putih juga dihaluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 150 ml air
  • 5 buah cabai merah keriting yang telah halus
  • 10 buah cabai rawit, dihaluskan
  • 2 sdm tauco, dihaluskan juga
  • minyak untuk menumis
Cara membuat Coto Makassar:
1.     Rebus daging sapi tadi, jeroan dan hatinya dengan air cucian beras. Kemudian masukkan serai, lengkuas, jahe serta daun salam.
2.     Masak bahan-bahan tadi hingga matang lalu angkat dan kemudian tiriskan.
3.     Potong dengan bentuk dadu daging dan jerohan atau sesuai selera tapi potongan dadu lebih menggoda selera. Kemudian anda sisihkan terlebih dahulu daging dan jeroan tadi.
4.     Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Lalu apalagi ya? Sekarang angkat dan masukkan ke dalam air rebusan. Tambahkan kacang tanah halus, lalu masak hingga mendidih air rebusan tadi.
5.     Siapkan mangkuk sajinya, masukkan potongan daging, jeroan dan hati ke mangkuk yang diambil tadi lalu tuangkan kuahnya. Ingat untuk menaburi dengan daun bawang, irisan seledri  dan bawang goreng.
6.     Sajikan pula sambal tauco dan perasan air jeruk nipis di atas meja anda.
7.     Ingat pula siapkan kecapnya, kalau mereknya terserah anda saja
Itulah yang bisa saya share mengenai bahan-bahan dan cara pembuatan dari coto Makassar ini, semoga kalian semua dapat segera mempraktekan nya langsung! Ngomong-ngomong selain coto Makassar saya juga menyukai ikan bakar khas sana, sop konro, es palubutung, dll.
Oh iya walupun mama saya bisa membuat coto makassar ini bukan berarti mama saya asli orang sana karena mama saya itu adalah keturunan sunda dan bapak saya adalah keturunan jawa tapi orangtua saya pernah menetap cukup lama di Makassar.
Karena orangtua saya menyukai daerah Makassar maka tak hanya makanan yang mereka bisa buat. Nama saya pun juga mencirikan nama orang Makassar, sampai sering dikira oleh orang-orang kalau saya adalah asli sana.
Itulah cerita singkat yang bisa saya sampaikan kepada kalian. Terima kasih semua, salam hangat.



No comments:

Post a Comment